MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Meriahkan Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI Ke-78

Cilongok, 3 Januari 2024 – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma’arif NU 1 Cilongok, Kabupaten Banyumas, meriahkan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI Ke-78 dengan menggelar dua kegiatan utama. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari ini, Rabu (3/1/2024).

Dua kegiatan utama yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kementerian Agama RI tersebut adalah Khotmil Qur’an bersama seluruh guru, karyawan, serta siswa-siswi, dan Potong Tumpeng dalam rangka tasyakuran.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah Makhmud Fauji, S.Pd.Ind, menyampaikan pentingnya peran Kementerian Agama dalam berbagai aspek kehidupan. Ia menekankan bahwa Kementerian Agama tidak hanya berkutat pada urusan keagamaan semata, tetapi juga memiliki kontribusi besar dalam membangun hubungan antar umat beragama serta menangani berbagai persoalan di bidang pendidikan.

“Kementerian Agama memiliki peran yang sangat penting dalam membina hubungan antar umat beragama. Selain itu, melalui berbagai program dan kebijakan yang dijalankan, Kementerian Agama turut berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di tanah air,” ujar Makhmud Fauji.

Kegiatan Khotmil Qur’an dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan kecintaan terhadap kitab suci Al-Qur’an. Seluruh guru, karyawan, serta siswa-siswi turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, menciptakan suasana yang penuh khidmat.

Sementara itu, acara potong tumpeng digelar sebagai ungkapan syukur atas berbagai pencapaian yang telah diraih oleh MTs Ma’arif NU 1 Cilongok. Tumpeng yang dihadirkan dalam acara tersebut melambangkan keberkahan dan kesuksesan yang telah dicapai oleh seluruh warga madrasah.

Kegiatan peringatan HAB Kementerian Agama RI Ke-78 di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok diakhiri dengan doa bersama untuk keberkahan, keselamatan, serta kemajuan pendidikan dan kehidupan umat beragama di Indonesia. Semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap nilai-nilai agama terus dijaga dan ditanamkan dalam setiap lapisan masyarakat, sebagai bentuk kontribusi nyata dalam memperkokoh keberagaman di Indonesia. (Mame)