Live Streaming Youtube Yang Inspiratif Dan Memotivasi  Sebagai Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi

 

LIVE STREAMING YOUTUBE YANG INSPIRATIF DAN MEMOTIVASI

SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH

PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs MA’ARIF NU 1 CILONGOK

Oleh : Lulu Indah Nurani, S. Pd., M. Pd.

 

           Coronavirus desease 2019 yang disingkat dengan Covid-19 adalah penyakit coronavirus 2019. Coronavirus jenis baru ini pertama kali terdeteksi pada manusia sejak kejadian luar biasa di Negara China tepatnya di Wuhan pada bulan Desember 2019 yang kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2). Virus jenis baru ini sangat cepat penularannya dan sudah menyebar ke berbagai belahan negara di dunia sehingga pada tanggal 11 Maret 2020 World Health Organization (WHO) menetapkan kejadian ini sebagai Global Pandemic.

Di Indonesia, kasus pertama Covid-19 disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Maret 2020. Warga Negara Indonesia yang dinyatakan positif Covid-19 adalah seorang ibu dan anaknya dimana sebelumnya mereka berinteraksi dengan warga Negara Jepang yang ternyata terinfeksi SARS Cov-2.  Menanggapi situasi tersebut, pemerintah pusat dan pemerintah daerah telah melakukan upaya penanggulangan yang meliputi peningkatan komunikasi, informasi, dan edukasi kesehatan kepada masyarakat secara berkala, antisipasi penularan dengan melakukan kesiapsiagaan, deteksi, serta respon di pintu masuk negara dan di wilayah, penyiapan fasilitas pelayanan kesehatan perawatan dan rujukan serta fasilitas penunjang, pelaksanaan koordinasi dengan lintas sektor untuk efektivitas dan efisiensi upaya penanggulangan Covid-19.

Penanggulangan Covid-19 juga dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan dikeluarkannya surat edaran nomor 2 tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Coronavirus Disease (Covid- 19) di Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Kemudian disusul dengan Surat Edaran nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan Coronavirus Disease (Covid- 19) pada Satuan Pendidikan. Dan melihat perkembangan penyebaran Covid- 19 di Indonesia yang semakin meluas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid- 19).

Kebijakan proses pembelajaran yang dilaksanakan siswa di masa pandemi covid-19 yaitu belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun keluiusan. Pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang dilaksanakan tanpa adanya tatap muka secara langsung di dalam kelas, bisa dilaksanakan secara luring (luar jaringan) maupun daring (dalam jaringan). Mulai tanggal 16 Maret 2020 Sekolah maupun Madrasah di wilayah tertentu di Indonesia menerapkan Pembelajaran jarak jauh karena adanya himbauan dari pemerintah kepada masyarakat untuk stay at home sehingga siswa belajar dari rumah (learning from home) dan guru mengajar dari rumah (teaching from home).

Pembelajaran jarak jauh luar jaringan (luring) atau offline adalah pembelajaran dengan menggunakan televisi, radio, modul belajar mandiri serta lembar kerja, bahan ajar cetak, alat peraga, dan media belajar dari benda di lingkungan sekitar. Pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring) atau online adalah pembelajaran menggunakan gawai (gadget) maupun laptop melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring. ( Edutech, kelaspintar.id)

Di Kabupaten Banyumas, Pemerintah Daerah ketat mengawal dunia pendidikan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Apalagi Kabupaten Banyumas sempat masuk ke dalam zona merah penyebaran covid-19. Di awal proses pembelajaran jarak jauh, beberapa guru gagal paham menerapkan pembelajaran luring dengan cara mengumpulkan beberapa siswa di rumah salah satu siswa kemudian melaksanakan pembelajaran layaknya di kelas. Walaupun proses seperti itu dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan covid-19 namun Bupati melarang proses pembelajaran tersebut dikarenakan masih banyak anak yang tidak disiplin dalam mematuhi protokol pencegahan covid-19 tersebut.

Selanjutnya pembelajaran luring dengan metode penugasan dimana siswa diberikan tugas dari sekolah untuk dikerjakan selama satu minggu kemudian setelah satu minggu siswa menyerahkan tugas dan mengambil tugas yang baru. Walaupun tidak setiap hari, metode seperti itu masih rentan terhadap penyebaran covid-19 karena siswa harus keluar rumah pergi ke sekolah mengambil tugas. Untuk jenjang SD/MI guru kelas masih memungkinkan mendatangi rumah peserta didik memberikan tugas agar dikerjakan oleh siswa, namun untuk jenjang SMP/MTs maupun SMA/MA/SMK sangat sulit dilakukan karena jumlah siswa yang lebih banyak dan jangkauan rumah siswa yang lebih luas.

Saat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan metode luring tersebut sulit dilakukan karena semakin ketatnya himbauan pemerintah untuk stay at home  dan social distancing maka langkah yang paling aman adalah dengan metode daring atau online karena prinsip utama proses pembelajaran pada masa darurat covid-19 ini adalah keselamatan dan kesehatan peserta didik. Ragam pembelajaran jarak jauh dengan metode daring atau online dikategorikan menjadi 4 yaitu pembelajaran online, pertemuan online, alat penilaian online, dan sumber belajar online.

Pembelajaran online dapat dilaksanakan melalui media sosial seperti facebook, whatsapp, telegram, youtube maupun instagram dimana siswa bisa beriteraksi dengan guru. Selain melalui media sosial, pembelajaran online juga bisa dilaksanakan di portal-portal penyedia layanan pendidikan seperti rumah belajar, google classroom, kelas pintar, Microsoft education/Teams dan masih banyak lainnya.

 

Guru harus dapat berinovasi menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan arahan kemendikbud pada masa pandemi, yaitu pembelajaran yang memberikan pelajaran bermakna kepada siswa, menginspirasi dan memotivasi. Tidak sedikit guru yang merasa kesulitan dan merasa tidak siap dengan metode pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring) atau online, mulai dari materi, proses dan pengetahuan menggunakan fasilitas pelaksanaan pembelajaran online. Disini sangat dibutuhkan kerjasama dan sharing pengetahuan dari masing-masing guru dalam pemanfaatan fasilitas ataupun media pembelajaran online.

MTs Ma’arif NU 1 Cilongok salah satu madrasah yang menerapkan metode pembelajaran menggunakan live streaming youtube dengan bantuan aplikasi StreamYard. StreamYard adalah salah satu aplikasi yang dapat dibuka melalui browser apa saja yang ada di komputer, laptop maupun smartphone. Aplikasi ini mudah digunakan, tidak ada unduhan atau menginstal dan tidak memerlukan apa pun selain komputer dengan mikrofon dan kamera untuk memulai. Selain StreamYard, saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi pertemuan online yang dapat direkam dan disiarkan langsung melalui media sosial baik youtube maupun facebook seperti zoom, cisco webex, skype dan lain-lain.

Dalam proses pembelajaran live streaming youtube ini guru dapat berkolaborasi dengan siapa saja untuk mendukung proses pembelajarannya. Konsepnya adalah guru mempresentasikan materinya secara daring seperti dalam video conference tetapi peserta tidak semua  masuk dalam room yang sama namun menonton lewat  youtube hanya beberapa peserta saja yang ikut dalam room. Ada beberapa alasan kenapa tidak menggunakan aplikasi video conference pada umumnya yang bisa memuat banyak peserta di dalam room. Pertama, beberapa perangkat siswa bisa jadi belum cukup nyaman untuk menginstal dan menggunakan aplikasi  video conference yang umum digunakan. Kedua, Youtube live juga mendukung komentar untuk interaksi, jadi siswa bisa bertanya lewat komentar yang nantinya bisa dibacakan atau peserta yang memang perlu di tampilkan suara dan videonya bisa diundang untuk masuk dalam room. Ketiga, Jika terjadi kendala teknis pada siswa mereka bisa menonton ulang videonya di youtube, bahkan bisa mendownloadnya untuk mempelajari berulang ulang. Keempat, Dengan live di youtube, video tersimpan bisa di tonton kapanpun dan dimanapun.

Pesantren Ramadhan Online yang bertajuk learning at home adalah awal program pembelajaran melalui live streaming youtube di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok pada masa pandemi covid-19. Program ini didesain dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kolaboratif dengan menghadirkan para pakar dan juga alumni yang inspiratif. Dilaksanakan selama 5 hari dengan materi yang sederhana namun menarik, secara garis besar terdiri dari sesi pembiasaan, sesi materi dan tanya jawab, kemudian sesi Hallo Alumni .

Dihari pertama bersama Bapak Firdos Prio Gunawan sebagai host , Pesantren Ramadhan Online dibuka secara resmi oleh kepala madrasah yaitu Bapak Makhmud Fauji, dilanjutkan dengan sesi materi kajian kitab Mabadiul Fiqhiyyah oleh Ustad Rifa’I dan Hallo Alumni bersama Imam Sibawaih yang masih belajar sebagai mahasiswa Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir.

Hari kedua, bersama Ibu Lulu Indah Nurani sebagai host dengan materi kajian Kitab Ta’limul Muta’alim oleh Ustad Abdul Haris dan Hallo Alumni bersama Muhammad Fawwaz Nauval Faaza (Mahasiswa Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir) dan Muhammad Badzlin Abyudaya (Mahasiswa Unversitas Diponegoro Semarang, penerima beasiswa Tanoto Foundation).

Hari Ketiga bersama Ibu ika Yuliani sebagai host dengan materi Tajwid oleh Ustadzah Isti’anah dan Hallo Alumni bersama alumni lulusan 2019 yang melanjutkan di Yayasan Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak, Yogyakarta.

Hari Keempat bersama Mrs.Indah Nurhayati dengan Materi Tips Belajar Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) oleh Mr. Bowo Utomo yang memberikan tips belajar bahasa asing dengan istilah COVID-19 (Cintai, Omongkan, Vahami/Pahami, Ingat-ingat, Diulang-ulang 19 kali). Untuk sesi berikutnya di hari ke empat ini Pesantren Ramadhan online menghadirkan siswa dalam room live streaming untuk berdialog secara langsung.

Hari terakhir kegiatan Pesantren Ramadhan Online menghadirkan Bapak M. Asror Sa’bani, M. Pd. Kepala MA Ma’arif NU 1 Cilongok yang juga merupakan alumni MTs Ma’arif NU 1 Cilongok yang memberikan materi tentang Kiat Sukses Pelajar Milenial.

Kehadiran Alumni luar biasa yang telah sukses maupun masih dalam proses menuju kesuksesan memberikan inspirasi dan motivasi untuk adik-adik yang masih duduk di bangku MTs untuk dapat mengikuti jejaknya. Berbagai tips dan motto hidup diberikan untuk menambah semangat menggapai cita-cita. Mereka memberikan kesan yang lebih mendalam terhadap siswa dibandingkan dengan ketika siswa mendengarkan cerita dari seorang guru tentang mereka.

Kegiatan Pesantren Ramadhan Online menjadi inspirasi dan motivasi bagi semua yang melihat tayangan live streaming youtube dan bahkan masih bisa disaksikan sampai kapanpun selama konten tersebut belum dihapus. Tidak hanya siswa MTs Ma’arif NU 1 Cilongok tetapi juga alumni, orang tua siswa dan bahkan masyarakat luas. Selain itu kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi siswa, guru, alumni dan juga wali siswa yang selama pandemi covid-19 tidak dapat bertemu ataupun bertatap muka.

Pelaksanaan pembelajaran online di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok melalui live streaming youtube pada program Pesantren Ramadhan Online yang dilaksanakan oleh tim tersebut juga menginspirasi para guru untuk melaksanakan pembelajaran online melalui live streaming youtube. Beberapa guru secara mandiri mengunakan metode tersebut untuk melaksanakan pembelajaran online agar dapat berinteraksi secara langsung dengan siswa. Kesan siswa lebih senang dan antusias karena walaupun tetap di rumah, siswa dapat melihat dan berinteraksi dengan gurunya secara langsung.

Beberapa kendala yang dihadapi saat melaksanakan proses pembelajaran online melalui live streaming youtube antara lain adalah sinyal jaringan, dan kuota internet. Namun hal tersebut dapat disikapi antara lain dengan mencari tempat dengan sinyal jaringan yang kuat dengan tetap melaksanakan protokol pencegahan Covid- 19 dan untuk kuota internet saat ini sudah ada bantuan, maka bantuan tersebut agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pembelajaran online.

Seluruh elemen masyarakat dapat saling berkolaborasi sebagai wujud gotongroyong pada masa pandemi Covid-19 khususnya dalam bidang pendidikan. Inovasi Pembelajaran melalui live streaming youtube dapat dikembangkan di setiap jenjang satuan pendidikan. Untuk memberikan pembelajaran yang bermakna, Guru dapat melibatkan pihak lain seperti pakar dan tokoh  masyarakat disesuaikan dengan materi pelajaran yang diajarkan sehingga pembelajaran online lebih mengispirasi dan memotivasi siswa. Dengan semangat kegotongroyongan dalam pendidikan, pandemi Covid-19 bukan penghalang Indonesia maju.

 

 

BAHAN BACAAN